Monday 4 July 2016

Movie Review : Who Am I / Kein System ist sicher (2014)

  


    Seperti kebanyakan orang bilang , tidak banyak film yang menarik yang membahas tentang hacker diluar sana tapi Who Am I bisa menjadi salah satu film tentang hacker yang cukup menarik saat gw tonton dan gw bisa menikmatinya tanpa kehilangan arah saat menonton filmnya atau kehilangan rasa tertarik gw di pertengahan film , tapi disaat gw menikmati film ini hingga akhir gw terkejut karena film ini bisa memasukkan unsur twist yang tepat yang membuat bulu kuduk gw sedikit merinding dikarenakan unsur twist yang digunakan dalam film ini terasa familiar tapi disajikan dengan rasa yang berbeda .





    Mengangkat tema hacker buat gw bukanlah hal yang mudah tentunya , karena memang sebuah karakter yang ahli dalam menembus sebuah sistem keamanan internet bukanlah karakter yang bisa dibuat muncul sebagai hacker secara tiba - tiba . Seperti kebanyakan film action yang membahas karakter utamanya sebagai seorang yang ahli dalam senjata dan bela diri gak akan muncul begitu saja tanpa ada latar belakang sebagai mantan polisi , tentara , atau hanya ahli dalam bela diri , walaupun hanya disebutkan dalam satu dialog tentang latar belakang mereka itu sudah cukup menjelaskan darimana ia mendapatkan kemampuan menghadapi musuh - musuh mereka di dalam film. Sama seperti para jagoan di dalam film , menjadi seorang hacker bukanlah hal yang bisa didalami dalam waktu yang singkat , sehingga jarang sekali atau mungkin tidak ada sama sekali karakter yang mahir dalam semua hal seperti karakter yang bisa mengerti semua hal seperti menggunakan senjata , bela diri , taktik dan sangat ahli didepan komputer . Bahkan karakter seperti Bond mempunyai karakter Q yang ahli didepan komputer , atau Ethan Hunt dengan karakter Benji atau Luther yang selalu siap membantu misi - misi mustahilnya dari depan komputer .




    Jadi Who Am I adalah film yang berasal dari Jerman ini menceritakan seorang anak muda jenius dalam komputer yaitu Benjamin yang sedang duduk diruang interogasi menceritakan permasalahan hidupnya belakangan ini yang membuatnya berada dalam posisi berbahaya , ia menceritakan setiap detail tentang hidupnya dari awal , hingga bagaimana ia bisa terlibat dengan kelompok hacker Max , Paul Dan Stephan yang menyebut diri mereka sebagai CLAY ( Clown Laugh At You ) , awal mula mereka berdiri , misi pertama mereka hingga misi terakhir mereka sebagai grup hacker yang mencari kejayaan hingga mendapat pengakuan dari seorang hacker "kelas atas" dengan julukan MRX dan bersaing dengan grup hacker FRI3NDS . Tidak hanya itu , Benjamin juga menceritakan detail hidupnya yang kelam saat ia kecil , kesulitannya bersosialisasi hingga hubungan dengan wanita yang sudah ia sukai sejak masih sekolah yaitu Marie . Karena rasa ingin lebih diakui sangat besar hingga CLAY mendapat sebuah masalah serius dengan MRX , FRI3NDS dan Europol Cyber Division mengejar mereka dan berusaha menghancurkan mereka karena ambisi mereka tidak hanya membangun sebuah kejayaan sesaat tapi juga menarik perhatian musuh yang sangat berbahaya .





    Jadi kenapa Who Am I bisa menjanjikan sesuatu hal yang lebih ? Selain twist endingnya yang menarik , banyak hal lain yang sangat menarik bisa dipelajari disini yaitu hacker memang adanya adalah seorang yang meretas ke dalam suatu jaringan dan mencari kelemahan dalam sistem dan memberikan peringatan tentang kelemahan sistem mereka sehingga kelemahan tersebut bisa diperbaiki dan diperkuat sehingga tidak mudah lagi untuk diretas , mereka tidak mencuri data karena jika sudah bisa masuk ke dalam sebuah sistem yang sudah dibangun maka tugas mereka selesai , selain bermain-main dengan tampilan dan meninggalkan sebuah peringatan atau signature mereka . Dramanya juga cukup menarik dan tidak hanya mengeksploitasi saja tapi semuanya memberikan pengaruh untuk sebuah cerita yang menarik , pengembangan karakternya juga tidak buruk karena chemistry mereka terbangun sedikit demi sedikit seiring berjalannya grup hacker mereka berkembang . Untuk akting bisa gw bilang bagus tapi untuk dialog gw sejujurnya tidak terlalu memperhatikan dikarenakan bahasa inggris dan jerman yang terkadang dicampur , tapi dengan melihat gestur dan akting mereka , bisa gw bilang tidak mengecewakan . And buat twist endingnya ? Yaah , seperti campuran antara primal fear & usual suspect sih gw bilang , walaupun ada yang bilang lebih mengarah ke fight club & usual suspect , tapi tetep menarik karena Twist ending buat gw bukan bagaimana memberikan efek kejutan cerita yang berbeda dari film yang sudah ada , tapi memberikan "rasa" yang berbeda dari film yang sudah ada .
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: